MODUL 8

Menyusun Konten Online tentang Iklim

Dr. Emilia Bassar, M.Si, IAPR

Penulis

LATAR BELAKANG

Hasil survei pada kajian “Assessment on CSO’s Capacity to Conduct Climate Change Communications and Campaigns” yang dilakukan oleh Imogen PR dan Oxfam tahun 2022 tentang sumber informasi utama bagi responden terkait isu perubahan iklim adalah situs media online, media sosial, dan media arus utama (mainstream). Survei persepsi ini dilakukan secara online dengan melibatkan 47 responden yang merupakan pengurus dan anggota KRKP dan ASPPUK.

Gambar 1. Sumber Informasi Utama tentang Perubahan Iklim

Hal ini sejalan dengan laporan The Southeast Asia Climate Outlook 2021 Survey Report yang menyatakan bahwa mayoritas responden (44,1%) mendapatkan berita dan informasi mengenai isu perubahan iklim dari situs media online besar, dan sebagian besar (47,1%) dari mereka yang berusia di bawah 21 tahun dari media sosial dan influencer.

Gambar 2. Where do you get your news and information about climate change issues? (By age group)

Hasil kajian Imogen PR dan Oxfam (2022) juga menunjukkan bahwan isu-isu perubahan iklim yang menjadi perhatian responden, diantaranya: pengetahuan mengenai pemanasan global dan perubahan iklim, dampak perubahan iklim pada berbagai sektor, carbon trading, dan kampanye perubahan iklim.

Isu-isu utama perubahan iklim tersebut dapat menjadi referensi bagi penyusunan strategi komunikasi perubahan iklim yang kemudian diturunkan menjadi taktik dan pesan atau konten melalui berbagai platform media, termasuk media sosial. dengan pendekatan PESO Model (Paid, Earned, Shared, Owned).

TUJUAN
  • Meningkatkan pengetahuan tentang komunikasi perubahan iklim. 
  • Memahami penggunaan strategi media PESO Model (Paid, Earned, Shared, Owned). 
  • Menulis konten untuk media sosial. 
  • Mendapatkan inspirasi dari best practices konten di media sosial.
POKOK BAHASAN
  • Climate change communication. 
  • Social media writing. 
  • Best practice from online campaign for climate change
OUTPUT
  • Peserta dapat menyusun pesan tentang perubahan iklim yang mudah dipahami audiens. 
  • Peserta dapat membuat strategi media dengan menggunakan PESO Model. 
  • Peserta dapat membuat kalender konten untuk media sosial. 
  • Peserta dapat membuat konten tentang perubahan iklim untuk media sosial.
METODE
  • Bentuk ruangan menggunakan meja bundar sehingga peserta dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya secara mudah dan bertemu mata.
  • Pelatihan menggunakan metode permainan dan diskusi. 
  • Refleksi diperlukan untuk mendapatkan feedback terhadap pelatihan.
RINCIAN WAKTU
Durasi Sesi Metode
10 menit Perkenalan Ice Breaking
5 Menit Sesi Berbagi dari Peserta Sharing dari salah satu kelompok kecil. Ini adalah ajang latihan bagi peserta. Kelompok telah dibagi sebelumnya, dan tema sharing bisa diusahakan sesuai tema, tapi ada risiko berbeda.
2 menit Penyampaian tujuan pembelajaran ceramah
8 menit Penjelasan dan diskusi mengenai prinsip komunikasi perubahan iklim ceramah
25 menit Penjelasan dan praktik membuat strategi media dengan menggunakan PESO Mode ceramah
10 menit Membuat Kalender konten Praktik oleh peserta
40 menit Penjelasan dan diskusi mengenai membuat konten di media sosial ceramah interaktif
5 menit Menampilkan best practice video/gambar
PERALATAN
  • Metaplan. 
  • Kertas berkas. 
  • Spidol besar dan kecil. 
  • Kertas post-it warna warni. 
  • Flipchart. 
  • Internet.
LANGKAH-LANGKAH
  1. Persiapan:
    • Modul dan bahan presentasi.
    • Peralatan permainan
  2. Perkenalan melalui ice breaking dengan mengidentifikasi isu dan target audiensnya ( 5 menit).
  3. Sesi Berbagi Peserta
    Kelompok peserta yang mendapat giliran akan berbagi masalah atau pengalaman mereka.
  4. Penyampaian tujuan pembelajaran (2 menit)
  5. Penjelasan dan diskusi mengenai prinsip komunikasi perubahan iklim (8 menit).

Sumber: Debika Shome, Sabine Marx. 2009. The Psychology of Climate Change Communication. New York: The Trustees of Columbia University.

6. Penjelasan dan praktik membuat strategi media dengan menggunakan PESO Model (25 menit).

Sumber: spinsucks.com

7. Membuat kalender konten untuk media sosial (10 menit).

8. Penjelasan dan diskusi mengenai membuat konten di media sosial (40 menit).

Sumber: www.equinetacademy.com

9. Menampilkan best practices konten di media sosial untuk menjadi inspirasi dalam menulis konten (5 menit).

Sumber: media sosial CPROCOM dan The Climate Reality Project (TCRP)

REFERENSI
  • Debika Shome, Sabine Marx. 2009. The Psychology of Climate Change Communication.
    New York: The Trustees of Columbia University.
  • 2021. The Southeast Asia Climate Outlook: 2021 Survey Report. ISEAS-Yusof Ishak Institute.
  • 2022. Assessment on CSO’s Capacity to Conduct Climate Change Communications and
  • Campaigns”. Imogen PR dan Oxfam. spinsucks.com
  • www.equinetacademy.com